Translate

Friday, August 12, 2011

Tear Stain (Noda Air Mata)


Tear Stain (Noda Air Mata)

Disadur oleh Winny Zhang - AnjingKita.Com

Tear Stain merupakan masalah umum yang dihadapi banyak pemilik dari anjing-anjing yang berwarna cerah dan juga anjing-anjing berjenis kecil / toy dog. Langkah pertama untuk memecahkan masalah tear stain pada anjing anda adalah dengan memastikan penyebab utama dari tear stain tersebut. Ketika anda sudah mengetahui mengapa anjing anda memiliki tear stain, anda dapat menuntaskan masalah dan membersihkan noda tersebut.

Masalah utama dari tear stain adalah keluarnya air mata yang berlebihan. Kelembaban sebagai akibat dari air mata yang berlebihan berkumpul di sekitar mata menjadikannya lokasi utama untuk pertumbuhan bakteri dan jamur. Sebagian besar noda cokelat kemerahan diwajah seekor anjing dikarenakan oleh ptyrosporin, atau jamur merah.

Penyebab dari keluarnya air mata yang berlebihan dapat disebabkan oleh masalah genetik. Bentuk dari kepala dan mata seekor anjing juga dapat berkontribusi untuk menyumbat saluran air mata dan membanjiri air mata ke daerah bulu yang berada disekitar mata. Masalah ini dapat di turunkan dari indukan kepada anakkan mereka. Dalam masalah ini, anda harus dengan rajin dan rutin membersihkan noda air mata tersebut dengan menggunakan pembersih khusus untuk tear stain.

Bulu yang masuk kedalam mata dengan mudah menyebabkan iritasi dan air mata yang berlebihan. Guntinglah bulu disekitar mata, dan anda akan segera melihat kemajuannya. Terlalu banyak bulu disekitar mata dapat memancing timbulnya kelembabpan dari mata dan mengakibatkan masalah bertambah buruk.

Jika terdapat kandungan mineral dalam air minum anjing anda, anda akan menemukan banyak noda pada wajah anjing anda. Gantilah air minum anjing anda dengan air yang sudah disaring atau botolan untuk mengurangi noda yang disebabkan oleh tingginya kadar mineral dalam air. Juga, berikan makanan pada anjing anda dengan mangkok yang terbuat dari stainless steel, dibanding dari mangkok yang terbuat dari keramik atau plastic, hal ini akan membantu mengurangi noda pada wajah anjing anda. Stainless steel lebih mudah untuk dibersihkan dan tidak mudah tergores dan juga retak sehingga tidak menjadi tempat persembunyian bakteri. Mangkok jenis apapun yang anda gunakan, pastikan anda selalu membersihkannya dengan rutin.

Hati-hatilah dalam menggunakan shampoo kepada anjing anda. Shampoo dan bahan kimia lain yang terkandung didalamnya dapat masuk kedalam mata dan menyebabkan keluarnya air mata yang berlebihan.

Beberapa orang percaya, bahwa memberi dog food alami, kering, tanpa pewarna buatan, pengawet atau zat aditif dapat membantu mengurangi keluarnya air mata yang berlebihan dan noda pada wajah. Anda juga dapat menambahkan cuka kedalam minuman anjing anda, hal ini dipercaya dapat mengurangi noda air mata dikarenakan perubahan pH pada air mata anjing anda.

Kutu juga berkontribusi menyebabkan tear stain. Kutu membutuhkan kelembaban untuk bertahan hidup. Ketika anjing anda mengalami air mata yang keluar secara berlebihan, ada banyak kelembabpan disekitar mata. Hal ini menarik kutu yang kemudian meninggalkan kotorannya didaerah tersebut, dan mengakibatkan noda.

Infeksi telinga dan mata yang parah dapat mengakibatkan air mata keluar berlebihan. Jika anda anda tidak pernah mengalami tear stain sebelumnya, dan tiba-tiba saja sekarang anjing anda memiliki tear stain, cobalah mengunjungi dokter hewan anda. Dokter hewan anda dapat membantu anda untuk memastikan penyebab dari noda tersebut dan kemungkinan memberikan anda resep antibiotic untuk menghentikan masalah tersebut.

Disadur dari http://www.nextdaypets.com/directory/dogs/articles/tear-stains~166.aspx
Foto disadur dari http://www.havanesefanciers.com/?q=tearstaining

No comments: