Translate

Wednesday, August 1, 2012

Anjing Sering Mandi Jadi Penyebab Penyakit Kulit

Sering Mandi Penyebab Penyakit Kulit      Oleh Bobby Sant
Seberapa sering memandikan anjing dan bagaimana melakukannya dengan benar merupakan pertanyaan yang sering dilontarkan oleh penggemar anjing pemula. Banyak yang berpikir jika sering dimandikan anjingnya akan terhindar dari penyakit kulit dan bau. Ternyata, setelah sering dimandikan badan anjing malahan mengeluarkan bau lebih cepat atau menjadi mudah bau, dan terserang penyakit kulit.
Minyak Pada Kulit
Kulit anjing mengeluarkan minyak untuk mempertahankan kulit agar elastis dan menjaga bulu supaya kuat dan tidak mudah patah atau rontok. Bulu anjing akan terasa berminyak jika sudah lama tidak dimandikan. Minyak ini akan hilang ketika kita memandikannya dengan menggunakan bahan deterjen yang ada pada shampoo. Karena sifat minyak menahan kotoran maka kita harus memandikannya secara berkala agar kulit dan bulu anjing kita tidak dekil. Jika kita sering memandikan anjing kita sehingga kulit dan bulunya terbebas dari minyak tersebut maka kulit dan bulu anjing akan menjadi lebih kering. Kulit yang kering menimbulkan efek gatal sehingga anjing akan lebih sering untuk menggaruk. Garukan akan menyebabkan luka yang dapat mengundang masuknya bakteri atau parasit penyebab sakit kulit. Anjing yang menderita penyakit kulit akan mengeluarkan aroma yang tidak sedap.
Selain itu, ternyata minyak yang dihasilkan oleh kulit anjing ini berfungsi untuk menangkal serangan bakteri atau parasit sehingga anjing tidak mudah terserang penyakit kulit. Minyak ini juga membuat bulu terlihat mengkilap dan tebal.
Produktifitas minyak ini sangat bergantung dari makanan yang dimakan oleh anjing. Untuk daerah tropis seperti Indonesia disarankan untuk menambahkan minyak nabati pada menu makanan .
Shampoo dan conditioner yang diformulakan untuk anjing juga mengandung minyak sintetis atau alami untuk menggantikan sementara minyak yang hilang sewaktu anjing dimandikan. Oleh karena itu pemilihan shampoo dan conditioner yang benar merupakan hal yang mutlak dilakukan oleh pemilik.

Mengeringkan Bulu Sesudah Mandi
Banyak orang menggunakan cara alami untuk mengeringkan bulu anjingnya setelah dimandikan, dijemur dibawah terik matahari. Untuk anjing yang memiliki sedikit bulu dalam / under coat atau tidak punya sama sekali seperti Great Dane, Dobermann, Miniature Pincher tidak terlalu masalah jika dikeringkan dengan cara ini. Tapi untuk anjing yang memiliki bulu dalam / .under coat atau bulu yang panjang dan tebal seperti Golden Retriever, Shih Tzu, Poodle, American Cocker Spaniel dan yang lainnya pengeringan dengan cara dijemur bukan cara yang benar. Kita tidak mungkin menjemur anjing kita seharian dibawah terik matahari seperti kita menjemur bantal atau kasur. Anjing bisa terserang heat stroke jika terlalu lama dijemur dibawah matahari. Pengeringan dibawah terik matahari hanya mengeringkan bulu bagian luar saja. Mungkin, sekilas kita rasakan seluruh bagian bulunya sudah kering tetapi pada kenyataanya tidak. Bulu dalam yang tidak kering akan menjadi lembab hingga menyebabkan bau yang tidak enak dan memudahkan untuk bakteri atau parasit untuk berkembang biak sehingga anjing terserang penyakit kulit.
Mengeringkan bulu anjing yang benar adalah menggunakan blower khusus yang dirancang untuk anjing . Bentuknya ada yang seperti hair dryer yang biasa digunakan oleh kita. Yang membedakan hanyalah kekuatan tiupan angin dan suhunya saja. Blower khusus untuk anjing bekerja dengan meniup air yang berada di kulit dan bulu agar air tersebut jatuh kelantai, bukan dengan menguapkannya seperti hair dryer. Cara kerjanya lebih mirip dengan hand dryerhair dryer . Jika kita mengeringkan anjing kita dengan menggunakan hair dryer maka kulit dan bulu anjing akan "hangus" oleh panasnya udara yang dihasilkan oleh elemen pemanas yang terdapat pada hair dryer tersebut. Waktu yang digunakan untuk mengeringkan juga sangat lama karena tekanan/aliran udara yang dihasilkan sangat rendah dibanding dengan blower khusus anjing.
Nah, bagaimana caranya jika kita tidak mempunyai blower tersebut apalagi harganya cukup mahal?. Banyak jalan menuju ke Roma, begitu kata peribahasa. Anjing yang habis dimandikan dikeringkan dengan menggunakan lap karet (biasa disebut kain lap kanebo) yang sering digunakan untuk mengeringkan mobil. Lap karet ini memiliki daya serap yang tinggi dibandingkan dengan handuk biasa sehingga bulu anjing lebih cepat terbebas dari air. Setelah itu anjing ditaruh ditempat yang dialiri angin atau dapat menggunakan kipas angin tetapi jangan terkena sinar matahari . Akan lebih baik jika anjing ditaruh diruangan ber-AC dan dibantu dengan kipas angin sampai anjing anda kering. Proses pengeringan dengan cara dingin ini lebih cocok untuk anjing karena bulu dalam / under coat tidak menjadi lembab sehingga tidak menimbulkan bau.
Setelah bulu anjing anda kering 100%, taburi bedak bayi atau jika ada bedak khusus untuk anjing yang tidak mengandung formula anti kutu. Setelah ditaburi dengan bedak, bulu anjing disisir atau disikat agar sisa bedak hilang .
Berapa Sering Anjing Dimandikan ?
Berapa sering anjing dimandikan tergantung dari jenis bulu dan lingkungan anjing tersebut . Anjing yang berbulu pendek seperti Dachshund (Tekel), Miniature Pincher, Boxer, Chihuahua smooth coat, dan sejenisnya jika dipelihara diluar rumah / outdoor sebaiknya dimandikan satu bulan sekali dan jika dipelihara didalam rumah / indoor dimandikan tiga bulan sekali. Nah, bagaimana jika anjing sudah bau sebelum jadwal mandinya tiba? Mandikan dengan cara kering, gunakan bedak bayi atau bedak khusus anjing . Kalau bisa gunakan dry shampoo yang banyak dijual di toko-toko hewan. Taburkan bedak diseluruh permukaan kulit anjing setelah itu bulu disisir atau disikat agar bedak dan kotoran dapat terangkat. Lakukan mandi kering secara berkala dan teratur, misalnya tiga hari sekali supaya anjing tetap bersih dan harum.

1 comment:

Anonymous said...

Trims untuk artikelnya. Ini sangat membantu merawat anjungku kami. (Fr)