Translate

Saturday, June 5, 2010

PENYAKIT ANJING TRAH KECIL

PENYAKIT ANJING TRAH KECIL
Disarikan dari berbagai sumber oleh Buntoro Sutanto.

MUNTABER / PARVO

Penyakit parvo, disebabkan oleh virus, merupakan pembunuh nomor satu pada segala jenis anjing. Anjing muda (2-12 bulan) merupakan kelompok umur yang amat peka penyakit ini. Pada awalnya, anjing terserang virus parvo ditandai oleh muntah beberapa kali dalam sehari. Suhu badan meningkat. Penangganan : 1. Ungsikan sesegera mungkin anjing lainnya, bukan mengungsikan anjing yang sakit 2. Bersihkan dengan segera memakai disinfektan tempat dan bekas kotorannya 3. Infus dengan spult dibawah kulit, dan segera dibawa ke Dokter Hewan Pengobatan yang dilakukan hanya bersifat simptomatis, berupa pemberian pengganti cairan tubuh yang hilang (infuse), Anti Biotik untuk mengurangi infeksi sekunder oleh bakteri. Untuk mencegah penyakit ini disarankan agar anak anjing divaksin mulai umur 6 minggu, diulang lagi umur 8 minggu dan 12 minggu.

DISTEMPER
Distemper adalah penyakit yang disebabkan oleh virus yang menyerang hewan dalam keluarga Canidae, Mustelidae, Mephitidae, Procyonidae dan kemungkinan Felidae. Radius penyebarannya dapat mencakup seluruh dunia, cara penularan penyakit ini melalui sentuhan, dan udara. Biasanya menyerang anjing pada usia muda dan anjing dewasa yang daya tahan tubuhnya tidak baik. Penyakit ini memiliki angka kematian yang tertinggi , yakni 80% penderita . Gejala-gejalanya antara lain demam, gelisah, tidak nafsu makan, mencret, keluar cairan ingus, batuk dan radang paru-paru. Kadang ditemukan bintik-bintik merah pada kulit perut. Tanda-tanda pada syaraf meliputi kejang otot, kejang gagau, dan kelumpuhan. Penangganan dan Pengobatan. Berdasarkan pengalaman selama ini, penanganan adalah sebagai berikut : 1. Pertama pisahkan sesegera mungkin anjing tersebut dari anjing2 piaraan lainnya (penyebaran virus melalui udara). 2. Tempatkan anjing tersebut ditempat yang hangat dan mempunyai sirkulasi udara yang baik (Exhaust). 3. Berikan makanan yang lunak (bubur) dan bergizi (peradangan usus). Pengobatan : Antibiotik (disesuaikan dosisnya dengan berat badan), pengalaman kami, kami memberikan Pien Tse Huang (1 biji dibuat 6 atau 8 Capsul, tergantung berat badan) sehari 2x, efek samping obat ini adalah pada ginjal. Anjing harus diberi minum yang banyak. Trick : Agar anjing minum terus, letakan garam kasar sebutir dibawah lidahnya. Untuk mencegah penyakit distemper disarankan agar anjing divaksinasi pada umur 2 bulan, diulangi umur 3 bulan dan 1 tahun.

PENYAKIT KULIT
: SCABIES
Ini penyakit kulit yang disebabkan oleh parasit dan sering ditemukan pada anjing. Penyakit ini menular secara kontak langsung maupun tidak langsung. Anjing terserang scabies terlihat menggaruk-garuk badannya, karena parasit penyebabnya menimbulkan kegatalan. Penyebab scabies adalah parasit yang disebut Sarcoptes scabiei. Bila dibiarkan penyakit ini dapat menyebar ke seluruh tubuh, sehingga anjing menjadi gundul, kulitnya melipat-lipat. Kita dapat tertular skabies apabila kontak dengan anjing yang terjangkit Skabies. Penangganan : Berdasarkan pengalaman yang pernah kami alami, pisahkan segera anjing tersebut dari anjing lainnya dan keluarga kita terutama anak2. Pengobatan : Berdasarkan pengalaman kami, kami mengobati penyakit kulit dengan cara tradisional akan tetapi cukup ampuh, yaitu dengan cara 1 Btl. Minyak Tawon + 1 sendok Belerang halus, setelah dicampur (kocok hingga berwarna seperti susu), sikat dengan sikat gigi tempat yang akan diobati, dan poleskan Minyak Tawon Plus tersebut, 1 hari 2x.

LEPTOSPIROSIS
Penyakit ini perlu diwaspadai karena dapat menular ke manusia (zoonosis), lewat urine/kencing anjing yang tertular leptospirosis. Anjing dapat tertular leptospirosis lewat urine/kencing tikus yang mencemari makanan atau minuman. Pada tahap awal penyakit ini sulit dikenali, karena hanya ditandai demam, lesu dan tanda-tanda lain yang tidak jelas. Pencegahan : 1. Jauhkan tempat makanan dan minuman dari tikus. 2. Bersihkan lantai kandang, got atau selokan dari sisa kotoran dan makanan agar tidak mengundang kedatangan tikus. 3. Biasakan agar makanan yang disediakan tidak ditinggal seharian. Karena penyakit ini sangat berbahaya baik bagi hewan maupun manusia, maka pertolongan pertama bawalah sesegera mungkin ke Dokter Hewan. Vaksin untuk leptospirosis telah tersedia, namun demikian vaksin ini hanya melindungi anjing terhadap leptospirosis yang sering ditemukan.

BATUK
Anjing, terutama anjing muda dapat terserang penyakit batuk. Penyakit ini mudah menular di antara anjing. Banyak pemilik anjing menduga anjing mereka menelan sesuatu, karena gejala kennel cough yang menonjol adalah batuk-batuk dan berusaha mengeluarkan sesuatu dari mulutnya, namun tidak ada sesuatu yang keluar. Penangganan dan Pengobatan : Berdasarkan pengalaman kami, anjing yang terkena penyakit ini segera dipisahkan. Jaga kehangatan tempatnya, biasanya kami mengunakan Antibiotik dengan dosis tinggi, yang mana mempunyai effek samping jika dosis terlampau tinggi (lihat berat anjing) yang dapat mengakibatkan gigi berwarna kuning.Berikan vitamin C secara teratur (dosis jangan terlampau tinggi, yang dapat mengakibatkan penyakit lambung). Tersedia vaksin untuk mencegah kennel cough. Hepatitis / Penyakit Lever Hepatitis anjing tidak menular ke manusia, karena virus penyebabnya berbeda. Penyakit ini mudah menular dari anjing sakit ke yang sehat. Penularan terjadi melalui kontak dengan tinja, urine dan air liur hewan sakit. Organ tubuh yang diserang antara lain hati dan ginjal. Awal gejala penyakit tidak jelas, kecuali demam tinggi, namun pada tahap lanjut dapat terlihat kehilangan napsu makan sama sekali, diare terkadang disertai darah, muntah disertai darah. Hepatitis dapat dicegah melalui vaksinasi.

PENYAKIT KULIT : RING WORM
Ringworm bukan penyakit cacing (meskipun ada kata worm), tetapi sebangsa jamur yang menyerang kulit. Penyakit ini juga menular ke manusia. Tanda-tanda penyakit ini pada anjing maupun manusia cukup khas, berupa kegundulan pada anjing berbentuk cincin (ring, sehingga disebut ringworm) dengan pinggir berwarna merah. Kelembaban pada kulit mendorong tumbuhnya ringworm. Oleh karena itu, dianjurkan mengeringkan bulu anjing dengan baik, agar tidak mudah tertular ringworm. Jamur penyebab ringworm memang ada di alam. Pengobatan : Berdasarkan pengalaman kami, untuk mengatasi penyakit yang disebabkan jamur, kami mengunakan Kalpanak (obat Panu & Kurap) yang telah diencerkan dengan air. Caranya : Basahkan kapas dengan air dan peras, lalu teteskan Kalpanak dan usapkan dengan kuat pada tempat yang berjamur.

No comments: