Translate

Tuesday, July 31, 2012

Seri Anjng Sehat: Merawat Anjing Setelah Operasi Steril

Merawat Anjing Setelah Operasi Steril  Oleh Carolina Fajar.
Sebelumnya, kami ucapkan banyak terima kasih telah mensteril anjing anda. Anda telah membantu mengurangi jumlah hewan tunawisma di Indonesia! Meskipun steril menggunakan metode/prosedur yang umum, harap ingat bahwa hewan peliharaan Anda baru saja dioperasi dan membutuhkan perawatan yang tepat untuk pulih benar, termasuk tempat yang bersih hangat, dan kering untuk beristirahat.


Anestesi dan Bedah
Pantau hewan peliharaan Anda untuk setiap tanda-tanda abnormal dari pemulihan yang disebabkan oleh anestesi dan/atau operasi.
Ini mungkin termasuk:
• Pendarahan
• Lemas, depresi
• Kehilangan nafsu makan / penurunan asupan air
• Menggigil
• Peningkatan atau penurunan suhu tubuh (dingin atau hangat cenderung panas saat disentuh)
• Jalan atau berdiri yang tidak stabil, seperti tidak ada kekuatan untuk berdiri/jalan terlalu lama
• Gusi berwarna pucat
• Sesak napas
• Muntah
• Diare

Jika tanda-tanda ini terjadi, hubungi dokter hewan/klinik hewan.

Makanan dan Air
Sekitar 2 jam setelah anjing Anda pulang dari operasi sterilnya, berikan makanan sebanyak setengah porsi normal dan juga air untuk minum.

Jika anjing Anda berusia di bawah 16 minggu, berikan makanan sekitar setengah jumlah normal makanan dan air segera setelah Anda sampai di rumah.

Jika Anda anak anjing tidak mau makan ketika ia pulang ke rumah dan apabila Anda dapat melakukan hal berikut tanpa risiko digigit atau tergores, gosokkan sirup pada gusi hewan peliharaan Anda. Untuk melakukan ini, berikan sedikit sirup pada aplikator berujung kapas dan gosokkan pada gusi atas hewan.

Perlu diingat bahwa kebanyakan hewan peliharaan tidak mau makan pada malam mereka pulang dari operasi. Jika anjing tidak makan pada malam hari setelah operasi, beri dia makanan dan air seperti biasa pada keesokan harinya.

Jika anjing Anda muntah setelah makan pada malam operasi, ambil makanan itu dan tinggalkan sedikit air untuknya. Beri sejumlah kecil makanan keesokan harinya. Jika muntah atau diare terus menerus, hubungi dokter hewan/klinik hewan.

Jangan lepaskan E-collar pada anjing Anda di saat dia makan kecuali jika Anda mampu mengawasi sementara E-collar tidak dipakai. Jika Anda melepasnya supaya anjing Anda lebih mudah untuk makan, pakaikan kembali E-collar segera setelah ia selesai makan.

Obat Penahan Sakit
Hewan peliharaan Anda akan diberikan obat penahan rasa sakit bersamaan dengan operasi steril. JANGAN BERIKAN OBAT MANUSIA UNTUK HEWAN PELIHARAAN ANDA, karena berbahaya dan bisa berakibat fatal. Jika Anda diberi obat untuk diberikan pada hewan di rumah, berikan sesuai petunjuk.

Bekas Operasi
Tidak ada jahitan di bagian luar dari bekas operasi. Semua jahitan dilakukan di bawah kulit. Jahitan menggunakan benang yang larut dalam kulit, sehingga tidak perlu untuk kembali ke klinik/dokter hewan untuk buka jahitan. Pada jahitan juga direkatkan dengan lem medis.

Jika anjing Anda tidak marah apabila dipegang bekas operasinya, periksalah setiap hari untuk memastikan bahwa bekas operasinya mulai sembuh. Pada saat anjing Anda selesai dioperasi, dokter akan memeriksa anjing dan apabila semua terlihat normal, maka anjing diperbolehkan pulang.

Jika bekas operasi sangat merah, ada bekas yang hijau / kuning atau kemerahan, bau yang tidak enak, sesuatu yang mencuat dari bekas operasi, hangat saat disentuh, atau ada memar atau benjolan yang tampaknya akan berkembang, hubungi klinik/dokter hewan.

Jangan pakai obat atau salep sembarang pada bekas operasi kecuali yang sudah direkomendasikan oleh dokter hewan.

Tato
Hewan yang telah menjalani operasi biasanya diberikan tato hijau. Untuk anjing betina dan  jantan, tato ditempatkan pada sayatan bedah. Tidak ada komplikasi dari tato, karena instrumen yang digunakan untuk itu sudah steril. Namun, jika tempat tato terkontaminasi, infeksi bisa saja terjadi, jadi harap memantau juga tempat dimana tato berada. Jika ada warna kemerahan, terjadi pembengkakan, atau tanda-tanda yang tidak normal, silakan hubungi dokter hewan/klinik hewan.

Menjilati Bekas Operasi
Cegahlah hewan peliharaan Anda dari menjilati bekas operasi karena dapat menyebabkan infeksi. E-collar bisa digunakan untuk mencegah hal ini. Gunakan E-collar selama tujuh sampai sepuluh hari setelah operasi. Jika anjing Anda masih bisa menjilat bekas operasi saat memakai E-kerah, hubungi dokter hewan/klinik hewan.

Melompat dan Bermain
Larang anjing Anda untuk melompat dan bermain selama tujuh hari setelah operasi. Terlalu banyak kegiatan bisa menyebabkan bekas operasi terbuka atau menjadi bengkak. Untuk membantu menjaga anjing Anda agar tidak terlalu aktif:

  • Jika Anda tidak bisa mengawasi anjing Anda, tempatkan dia dalam sebuah kennel box, kandang atau carrier yang tidak terlalu kecil dan juga tidak terlalu besar untuknya. Atau bisa juga di dalam ruangan yang kecil. Anjing harus dapat berdiri dan memutar di dalamnya.
  • Jika anjing Anda berukuran kecil dan harus naik/turun tangga, gendong saja.
  • Jika anjing Anda terlihat hendak membuang air besar/kecil, pakaikan tali penuntun dan ajak dia jalan ke tempat dimana dia biasa buang air. Jangan bawa anjing Anda untuk berjalan-jalan dalam waktu lama atau bermain dengan anjing lain atau orang. Juga, jangan biarkan anjing Anda untuk melompat naik turun furnitur.

Jauhkan Hewan Peliharaan Anda dari Hewan Lain
Jauhkan hewan jantan yang telah disteril dari hewan betina yang belum disteril. Hewan jantan masih dapat menghamili hewan betina dalam periode 30 hari setelah disteril.

Jauhkan hewan betina yang sudah disteril dari hewan jantan yang belum disteril yang terlihat akan mengawininya.

Hewan yang pulang dari klinik memiliki bau yang berbeda dengan hewan lain dalam rumah. Hal ini dapat menyebabkan perkelahian, jadi bersiagalah untuk menjaga hewan peliharaan Anda di tempat yang terpisah selama beberapa hari setelah operasi.

Kebiasaan Buang Air Besar/Kecil
Hubungi dokter hewan/klinik hewan jika anjing tidak teratur buang air kecil atau buang air besar, atau terlihat sulit untuk buang air kecil atau buang air besar dalam waktu 72 jam setelah operasi steril.

Lihat apakah urin anjing Anda mengandung darah. Jika ada sedikit darah, itu mungkin saja terjadi pada hewan betina selama 24 jam pertama setelah operasi. Tetapi jika ini terus berlanjut atau jika anjing Anda tampaknya terlihat lemas dan sakit setiap saat, hubungi dokter hewan/klinik hewan.

Microchip
Jika anjing Anda di-microchip, jangan sisir bulunya, mandi, atau mengelusnya secara berlebihan di tempat implan microchip (dekat bahu) selama 24 jam pertama setelah ia tiba kembali ke rumah. Jangan biarkan anjing Anda untuk bermain dengan hewan lain atau orang.

Mandikan Hewan Peliharaan Anda
Jika Anda ingin memandikan anjing Anda, tunggu 10 hari setelah operasi. Memandikan anjing Anda sebelum 10 hari dapat menyebabkan bekas operasi terbuka dan penyembuhan dapat tertunda.

Sumber: http://www.aspca.org/~/media/files/aspca-nyc/mobileclinic/caring-for-your-cat-or-dog-after-surgery-1.pdf

Photo credit: Carolina Fajar

1 comment:

Anonymous said...

Numpang tanya dong, kalau di Bandung tempat steril untuk anjing jantan dimana yang bagus? Kira-kira berapa biayanya? Terimakasih