Translate

Thursday, May 26, 2011

Perawatan Kerutan & Lipatan pada Anjing

Perawatan Kerutan & Lipatan pada Anjing
Disadur oleh Winny Zhang - AnjingKita.Com

Anda telah membeli seekor anak anjing jenis Chinese Shar-Pei atau mungkin seekor anakan Pug! Atau anjing-anjing lain dengan banyak kerutan dan lipatan, ada beberapa rutinitas pembersihan sehari-hari dan juga mingguan, dimana jika dibiarkan tanpa diperiksa dan dibersihkan dapat menjadi sumber masalah.

Latihlah anak anjing anda agar anjing anda terbiasa untuk diperiksa mata dan kerutannya dan membersihkan semudah anda menyayanginya. Anak anjing anda membiasakan dirinya terhadap kain lembab yang hangat yang dibasahi oleh air biasa, seolah-olah itu adalah bagian dari dosis harian cintanya.

Anjing yang lebih tua, lebih sering terjadi infeksi mata atau iritasi kulit karena banyak pemicu yang menyebabkan alergi seiring bertambahnya usia anjing. Beberapa merupakan masalah internal seperti noda air mata, sebagian besar dikarenakan enzim yang terdapat didalam cairan tubuh anjing anda. Air liur dan air mata dapat menyebabkan noda kecoklatan sepanjang air tersebut mengalir dalam lipatan tersebut. Beberapa ekor anjing terlahir dengan saluran air mata yang tertutup, yang menyebabkan menyebabkan aliran alami sekresi air mata (biasanya air mata mengalir turun melalui lubang hidung) untuk merembes di sepanjang bagian luar mata dan di sepanjang moncong. Operasi kecil dapat membuka saluran air mata, ada sedikit penawaran untuk mencegah noda air mata. Ada beberapa produk yang dapat anda beli di toko untuk meringankan masalah tersebut, seperti Eye Tear Stain remover, tetapi mengoperasi saluran air mata yang bermasalah merupakan hal yang lebih diinginkan oleh para pemilik anjing. Hati-hati, meskipun, orang-orang lebih suka rambut yang pendek di lipatan saluran hal tersebut dapat menjadi hal yang mengganggu dan menyebabkan rambut tumbuh kedalam.

Pelembap merupakan musuh dari kerutan dan lipatan. Celah yang gelap, lembab dan hangat menyediakan tempat berkembang biak bagi bakteri dan kuman-kuman yang menjijikkan. Telinga merupakan tempat yang umum bagi kuman dan bakteri yang menyeramkan. Anjing-anjing yang rentan terhadap penyakit ini memiliki lipatan telinga, seperti Cocker Spaniels. Pembersihan rutin dengan sesuatu seperti alkohol isopropyl atau hydrogen peroxide akan membuat telinga mereka kering dan bersih. Banyak sekali pembersih telinga yang tersedia di toko hewan, tetapi bagi anjing-anjing yang rentan terhadap masalah telinga, hindari pembersih telinga yang terbuat dari bahan dasar minyak seperti baby oil karena dapat meningkatkan kelembaban. Bedak juga salah satu pilihan yang efektif untuk membuat telinga tetap kering, setelah telinga dibersihkan, taburi dengan bedak khusus untuk telinga yang banyak dijual di toko-toko hewan kesayangan agar kondisi didalam telinga tetap kering sehingga tidak memberikan kesempatan bagi jamur atau bakteriuntuk berkembangbiak.

Seminggu sekali dengan membersihkan mulut, mata dan telinga akan menghemat uang anda untuk mengunjungi dokter hewan dan akan membuat hewan peliharaan anda bahagia.


Disadur dari http://www.suite101.com/article.cfm/dog_grooming/89366/2
Foto disadur dari http://doggiedaze2.blogspot.com/

No comments: